Prinsip – Prinsip
dalam
Pengembangan Pendidikan
Matematika
Dalam pendidikan matematika
sangatlah dibutuhkan adanya prinsip-prinsip dalam pengembangan pendidikan
matematika. Prinsip-prinsip yang harus dipakai sebagai dasar pendidikan
matematika, sebagai pegangan, sebagai pedoman dalam mengembangkan pendidikan
matematika. Pengembangan pendidikan matematika yang sangat berefek di kalangan
sekarang ini adalah melalui pembelajaran. Pembelajaran yang tepat dapat
mengembangkan pendidikan matematika secara menyeluruh dan hasilnya dapat
maksimal. Dalam pembelajaran pendidikan matematika terdapat prinsip-prinsip
untuk mengembangkan pendidikan matematika. Prinsip-prinsip pembelajaran
matematika adalah sebagai berikut :
1. Merefleksikan
tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar
matematika itu sendiri.
2. Belajar
merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks. Belajar di sini diartikan
sebagai sistem yang bersifat menyeluruh dan bersifat interaktif dalam kehidupan
sosial.
3. Pemusatan
belajar dapat menjadi luar dan interdisipliner.
4. Kurikulum
memberikan ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam
memfasilitasi belajar. Dalam hal ini kurikulum yang diterapkan dalam
pembelajaran harus cocok dengan karakteristik siswa dan karakteristik
matematika sendiri. Karena, harus adanya keseimbangan yang benar-benar seimbang
dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain.
5. Pendekatan
pembelajaran lebih berpusat pada siswa.
6. Gunakanlah
pengetahuan, reasoning yang kompleks lebih bermakna daripada menghafal
informasi. Sehingga siswa benar-benar mengerti makna dari belajar sesungguhnya.
Sesuai
dengan taksonomi hasil atau kompetensi dalam belajar menurut Gagne, tiga ranah
atau domain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk memutuskan tujuan
pembelajaran, yaitu :
a. Ranah
Efektif
b. Ranah
Kognitif
c. Ranah
Psikomotor
Ketiga
ranah tersebut harus mengetahui tujuan pembelajaran itu sendiri. Dengan
mengetahui tujuan pembelajaran, siswa akan termotifasi dalam melakukan proses
belajar dalam upaya untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
Melalui proses belajar,
pengembangan pendidikan matematika akan cepat maju dan bersifat dinamis.
Pendidikan matematika haruslah didasarkan oleh 4 sifat dari matematika itu
sendiri, yaitu abstrak, terstruktur, aksiomatik, dan bernalar deduktif. Dalam
belajarpun juga memiliki prinsip-prinsip untuk mencapai tujuan pembelajaran,
yaitu ;
·
Perhatian dan motivasi.
·
Keaktifan.
·
Keterlibatan langsung/berpengalaman.
·
Pengulangan.
·
Tantangan.
·
Balikan dan penguatan.
·
Perbedaan individual.
Prinsip-prinsip
dalam belajar tersebut harus saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu
sama lain agar mencapai pengembangan pendidikan matematika yang maksimal.
Oleh karena itu, paling penting dalam proses belajar itu
mengedepankan kemampuan/karakteristik setiap peserta didik, sehingga proses
pengembangan pendidikan matematika akan tumbuh dan berkembang secara maksimal.
Di mana prinsip pengembangan pendidikan matematika sama dengan prinsip
pembelajaran matematika dalam dunia belajar. Jadi kita harus menyeimbangkan
semua hal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar