Kamis, 17 November 2016

Prinsip – Prinsip dalam Pengembangan Pendidikan Matematika



Prinsip – Prinsip
dalam
Pengembangan Pendidikan Matematika

               Dalam pendidikan matematika sangatlah dibutuhkan adanya prinsip-prinsip dalam pengembangan pendidikan matematika. Prinsip-prinsip yang harus dipakai sebagai dasar pendidikan matematika, sebagai pegangan, sebagai pedoman dalam mengembangkan pendidikan matematika. Pengembangan pendidikan matematika yang sangat berefek di kalangan sekarang ini adalah melalui pembelajaran. Pembelajaran yang tepat dapat mengembangkan pendidikan matematika secara menyeluruh dan hasilnya dapat maksimal. Dalam pembelajaran pendidikan matematika terdapat prinsip-prinsip untuk mengembangkan pendidikan matematika. Prinsip-prinsip pembelajaran matematika adalah sebagai berikut :
1.     Merefleksikan tentang apa yang kita ketahui tentang bagaimana terjadinya proses belajar matematika itu sendiri.
2.    Belajar merupakan proses interaktif dan sistem yang kompleks. Belajar di sini diartikan sebagai sistem yang bersifat menyeluruh dan bersifat interaktif dalam kehidupan sosial.
3.    Pemusatan belajar dapat menjadi luar dan interdisipliner.
4.    Kurikulum memberikan ruang kepada sikap, persepsi, dan kebiasaan mental dalam memfasilitasi belajar. Dalam hal ini kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran harus cocok dengan karakteristik siswa dan karakteristik matematika sendiri. Karena, harus adanya keseimbangan yang benar-benar seimbang dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain.
5.    Pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa.
6.    Gunakanlah pengetahuan, reasoning yang kompleks lebih bermakna daripada menghafal informasi. Sehingga siswa benar-benar mengerti makna dari belajar sesungguhnya.
               Sesuai dengan taksonomi hasil atau kompetensi dalam belajar menurut Gagne, tiga ranah atau domain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk memutuskan tujuan pembelajaran, yaitu :
a.    Ranah Efektif
b.    Ranah Kognitif
c.    Ranah Psikomotor
Ketiga ranah tersebut harus mengetahui tujuan pembelajaran itu sendiri. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran, siswa akan termotifasi dalam melakukan proses belajar dalam upaya untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
               Melalui proses belajar, pengembangan pendidikan matematika akan cepat maju dan bersifat dinamis. Pendidikan matematika haruslah didasarkan oleh 4 sifat dari matematika itu sendiri, yaitu abstrak, terstruktur, aksiomatik, dan bernalar deduktif. Dalam belajarpun juga memiliki prinsip-prinsip untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu ;
·         Perhatian dan motivasi.
·         Keaktifan.
·         Keterlibatan langsung/berpengalaman.
·         Pengulangan.
·         Tantangan.
·         Balikan dan penguatan.
·         Perbedaan individual.
Prinsip-prinsip dalam belajar tersebut harus saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain agar mencapai pengembangan pendidikan matematika yang maksimal.
     Oleh karena itu, paling penting dalam proses belajar itu mengedepankan kemampuan/karakteristik setiap peserta didik, sehingga proses pengembangan pendidikan matematika akan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Di mana prinsip pengembangan pendidikan matematika sama dengan prinsip pembelajaran matematika dalam dunia belajar. Jadi kita harus menyeimbangkan semua hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar